Blogroll

Pages

Kamis, 27 Oktober 2011

Informasi penting dalam penyusunan RPP

Informasi penting dalam penyusunan RPP

1.      Standar kompetensi  mengutip dari silabus

2.      Kompetensi Dasar mengutip dari silabus

3.      Indikator Pencapaian mengutip dari silabus dengan catatan kalau ditemukan dalam silabus kata kerja tidak memenuhi persyaratan yaitu kata kerja operasional, dapat diamati (observable) dan atau dapat diukur (measurable) harus diganti. Contohnya di temukan kata ”memahami” harus diganti dengan kata kerja yang memenuhi pesyaratan ( menyebutkan, menjelaskan, mendeskripsikan, mendefinisikan)

4.      Tujuan pembelajaran
Isi  tujuan pembelajaran harus mengacu pada indikator dengan rumusan yang mengandung aspek : A, B, C, D
A   = Audience      yaitu siswa
B   = Behaviour,  yaitu kemampuan yang akan dicapai. 
         contoh: dapat menjelaskan / menyebutkan  ............
C  = Condition, yaitu syarat untuk mencapai kemampuan tersebut,
         misalnya: Melalui diskusi kelompok, .................
  Setelah mempelajari kompetensi dasar ................dst
 D = Degree,  yaitu tingkatan atau sampai sejauh mana tingkat kemampuan yang akan dicapai. contoh: .
.................. dengan benar 
.................. sesuai prosedur
.................. menurut pendapat .............

5.      Materi pokok pembelajaran
Materi Pokok Pembelajaran boleh ditulis dengan Materi Ajar atau  Materi Pembelajaran.
Isi dari materi pokok pembelajaran adalah uraian singkat atau pokok-pokok materi yang akan diajarkan

6.      Metode Pembelajaran
Tuliskan metode apa yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Dalam satu kegiatan pembelajaran, bisa mempergunakan berbagai metode yang disesuaikan dengan kebutuhan saat itu.

7.      Kegiatan Pembelajaran.
Dalam kegiatan pembelajaran sebutkan langkah-langkah yang akan ditempuh sesuai dengan metode yang telah ditentukan sebelumnya, dengan memperhatikan bahwa yang  harus ditonjolkan adalah kegiatan belajar siswa atau pengalaman belajar siswa dalam mencapai kompetensi yang diharapkan.
Kegiatan pembelajaran pada dasarnya terdiri dari 3 jenis kegiatan:

1. Kegiatan awal/pendahuluan, mencakup: pengkondisian kelas, apersepsi dan motivasi
2. Kegiatan inti, mencakup :  eksplorasi (menggali informasi), elaborasi (mengembangkan dan memperluas informasi), dan konfirmasi (menegaskan kembali materi/informasi yang telah dibahas)
3.   Kegiatan penutup, mencakup:
-       refleksi ( merenungkan dan mengkaji ulang materi yang sudah disampaikan)
-       Menyimpulkan/membuat rangkuman
-       Evaluasi
-        Informasi materi yang akan datang
-       Kalau ada pemberian tugas mandiri  terstruktur atau tugas mandiri tidak terstruktur

8.      Alat/media, bahan dan sumber belajar
-       Alat/media adalah alat yang digunakan pada saat pembelajaran berlangsung
-       Bahan adalah benda atau barang  yang digunakan/dibutuhkan  untuk kegiatan pembelajaran terutama pada saat praktik
-       Sumber belajar adalah berbagai macam sumber/bahan ajar misalnya: buku teks, handout, modul, CD interaktif, transfaransi, software power point dan sebagainya

9.      Penilaian:
Penilaian bisa menggunakan dua jenis penilaian yaitu: Tes dan Non Tes
Penilaian Tes terdiri dari:
-  Uraian (essay),  Obyektif Tes, Tes Praktik
-  Bentuknya bisa tes tertulis dan tes lisan

 Tes tertulis terdiri dari Uraian dan Obyektif Tes
-       Bentuk Uraian : Uraian Terbatas dan Uraian Bebas
-       Bentuk Objektif  Tes: Melengkapi /Isian Singkat (Completion), Pilihan Ganda (Multiple Choice), Betul Salah (True False), Menjodohkan (Matching).

Selain jenis dan bentuk penilaian perlu juga dicantumkan butir-butir soal, baik langsung pada RPP maupun terlampir. Maksudnya adalah agar  kita bisa mengukur kesesuaian antara soal dengan materi, tujuan pembelajaran dan indikator .

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More