Informasi penting dalam penyusunan RPP
1.
Standar kompetensi
mengutip dari silabus
2.
Kompetensi Dasar mengutip dari silabus
3.
Indikator Pencapaian mengutip dari silabus dengan catatan kalau ditemukan
dalam silabus kata kerja tidak memenuhi persyaratan yaitu kata kerja
operasional, dapat diamati (observable) dan atau dapat diukur (measurable)
harus diganti. Contohnya di temukan kata ”memahami” harus diganti dengan kata
kerja yang memenuhi pesyaratan ( menyebutkan, menjelaskan, mendeskripsikan,
mendefinisikan)
4.
Tujuan pembelajaran
Isi tujuan
pembelajaran harus mengacu pada indikator dengan rumusan yang mengandung aspek
: A, B, C, D
A = Audience yaitu siswa
B =
Behaviour, yaitu kemampuan yang akan
dicapai.
contoh: dapat menjelaskan / menyebutkan ............
C = Condition,
yaitu syarat untuk mencapai kemampuan tersebut,
misalnya: Melalui diskusi kelompok, .................
misalnya: Melalui diskusi kelompok, .................
Setelah mempelajari kompetensi dasar
................dst
D = Degree, yaitu tingkatan atau sampai sejauh mana
tingkat kemampuan yang akan dicapai.
contoh: .
.................. dengan benar
.................. sesuai prosedur
.................. menurut pendapat .............
5.
Materi pokok pembelajaran
Materi Pokok Pembelajaran boleh ditulis dengan Materi
Ajar atau Materi Pembelajaran.
Isi dari materi pokok pembelajaran adalah uraian singkat
atau pokok-pokok materi yang akan diajarkan
6.
Metode Pembelajaran
Tuliskan metode apa yang akan digunakan dalam kegiatan
pembelajaran.
Dalam satu kegiatan pembelajaran, bisa mempergunakan
berbagai metode yang disesuaikan dengan kebutuhan saat itu.
7.
Kegiatan Pembelajaran.
Dalam kegiatan pembelajaran sebutkan langkah-langkah yang
akan ditempuh sesuai dengan metode yang telah ditentukan sebelumnya, dengan
memperhatikan bahwa yang harus
ditonjolkan adalah kegiatan belajar siswa atau pengalaman belajar siswa dalam
mencapai kompetensi yang diharapkan.
Kegiatan pembelajaran pada dasarnya terdiri
dari 3 jenis kegiatan:
1. Kegiatan
awal/pendahuluan, mencakup: pengkondisian kelas, apersepsi dan motivasi
2. Kegiatan
inti, mencakup : eksplorasi (menggali
informasi), elaborasi (mengembangkan dan memperluas informasi), dan konfirmasi
(menegaskan kembali materi/informasi yang telah dibahas)
3. Kegiatan penutup, mencakup:
- refleksi (
merenungkan dan mengkaji ulang materi yang sudah disampaikan)
- Menyimpulkan/membuat
rangkuman
- Evaluasi
- Informasi materi yang akan datang
- Kalau ada
pemberian tugas mandiri terstruktur atau
tugas mandiri tidak terstruktur
8. Alat/media,
bahan dan sumber belajar
- Alat/media
adalah alat yang digunakan pada saat pembelajaran berlangsung
- Bahan adalah
benda atau barang yang
digunakan/dibutuhkan untuk kegiatan pembelajaran
terutama pada saat praktik
- Sumber
belajar adalah berbagai macam sumber/bahan ajar misalnya: buku teks, handout,
modul, CD interaktif, transfaransi, software power point dan sebagainya
9.
Penilaian:
Penilaian bisa menggunakan dua jenis penilaian yaitu: Tes
dan Non Tes
Penilaian Tes terdiri dari:
- Uraian
(essay), Obyektif Tes, Tes Praktik
- Bentuknya bisa
tes tertulis dan tes lisan
Tes tertulis
terdiri dari Uraian dan Obyektif Tes
- Bentuk Uraian
: Uraian Terbatas dan Uraian Bebas
- Bentuk
Objektif Tes: Melengkapi /Isian Singkat
(Completion), Pilihan Ganda (Multiple Choice), Betul Salah (True False),
Menjodohkan (Matching).
0 komentar:
Posting Komentar